Sunday, September 11, 2011

Perkawinan Antar Spesies Belalang Atractomorpha sp???

DSC02150

Beberapa waktu lalu aku melihat sesuatu yang belum pernah aku lihat sebelumnya di halaman belakang rumah di Jonggol, Jawa Barat. Aku melihat ada seekor belalang jantan Atractomorpha sp dari famili Pyrgomorphidae yang berwarna COKLAT!!! Sebenarnya ini bukan pertama kalinya aku melihat belalang jenis ini yang berwarna coklat. Beberapa bulan sebelum ini, waktu aku sedang berkunjung ke rumah mertuaku di Grogol, Sawoo, Ponorogo, Jawa Timur, aku juga melihat belalang jenis ini dan sempat mengambil beberapa gambarnya. Saat itu yang aku lihat adalah belalang Atractomorpha sp coklat betina saja. Namun menjumpainya di halaman belakang rumah adalah sebuah kejutan buatku mengingat selama hampir setahun tinggal di Jonggol dan suka iseng-iseng mengamati serangga yang ada di halaman belakang, yang cuma berukuran sekitar 3x4 meter saja, aku belum pernah melihatnya ada…bahkan sebenarnya aku tidak pernah berpikir ada belalang jenis  Atractomorpha sp yang berwarna coklat sebelum akhirnya melihatnya sendiri saat berkunjung ke rumah mertua itu.

DSC00883Belalang Atractomorpha sp coklat betina yang aku lihat di kebun kacang tanah di Grogol, Sawoo, Ponorogo.

Yang membuatku lebih heran lagi adalah ternyata belalang Atractomorpha sp jantan coklat itu sedang berusaha mengawini seekor belalang Atractomorpha sp betina muda berwarna hijau yang sepertinya berasal dari spesies yang berbeda, yaitu spesies Atractomorpha crenulata yang merupakan spesies belalang yang memang banyak terdapat di halaman belakang rumah di Jonggol.

DSC01217Belalang hijau Atractomorpha crenulata sedang kawin di atas daun bayam di halaman belakang rumah di Jonggol.

Karena belalang betina hijau yang mau dikawini oleh belalang jantan coklat itu adalah belalang betina muda yang belum dewasa (nimfa), maka belalang betina itu berusaha menolak sang belalang jantan coklat dengan cara menarik dan melengkungkan perutnya ke bawah. Melihat belalang jantan mencoba mengawini betina muda adalah sesuatu yang cukup jarang aku lihat dan ini juga menimbulkan pertanyaan tersendiri buatku, apa sebenarnya yang menarik belalang jantan untuk kawin dengan belalang betina yang belum dewasa tersebut. 

DSC02151DSC02152
DSC02165DSC02166
Belalang hijau betina muda menolak perkawinan dengan belalang coklat jantan dengan cara menarik dan melengkungkan perutnya ke arah bawah badannya dan berusaha melepaskan diri dari sergapan sang belalang coklat jantan tsb. Sang belalang jantan coklat yang rupanya masih penasaran, beberapa saat kemudian kembali berusaha untuk mengawini kembali sang betina.

DSC02155

Sayangnya aku tidak bisa mengamati lebih lanjut usaha belalang jantan coklat itu untuk mengawini belalang betina hijau tersebut karena harus kembali ke Jakarta. Adakah perkawinan antar spesies belalang belalang Atractomorpha sp ini yang berhasil??? Dan bagaimana bentuk atau warna anaknya nanti???

belalanghijaukawindimalamtahunbaru5Belalang hijau Atractomorpha crenulata jantan berhasil mengawini belalang betina muda (nimfa). Apa sebenarnya yang menarik belalang jantan untuk kawin dengan belalang betina muda ya???

Informasi lebih lanjut mengenai genus actractomorpha bisa lihat di:

Untuk klasifikasi imiah belalang Atractomorpha crenulata bisa lihat di:

Foto-foto belalang Atractomorpha sp adalah hasil jeprat jepret hape sony ericsson k800i.

No comments:

Post a Comment