Wednesday, September 21, 2011

Belalang Hijau Oxya chinensis Kawin

foto belalang kawin_Oxya chinensis mating

Ini adalah foto-foto belalang hijau Oxya chinensis yang sedang kawin yang aku temui di persawahan di daerah Sawoo, Ponorogo, Jawa Timur, beberapa waktu lalu. Saat itu aku sengaja main ke persawahan untuk melihat-lihat siapa tahu ada sesuatu yang menarik. Disana aku menuju ke sawah milik bude ku yang saat itu sedang ditanami kacang tanah.

Sambil menemani bude yang sedang membersihkan rumput yang tumbuh disekitar tanaman kacang tanahnya, aku memperhatikan belalang-belalang yang berlompatan karena terusik oleh aktifitas bude ku. Dan ternyata diantara belalang-belalang  itu terdapat sepasang belalang hijau Oxya chinensis yang sedang kawin. Nah ini dia yang aku cari-cari nih :-), langsung saja aku menyiapkan kamera hape dan berjalan perlahan mendekat ke arah pasangan belalang yang sedang asik tersebut dan mulai mengambil foto-foto belalang hijau kawin tersebut dengan kamera hapeku.

Bude yang melihat tingkahku menanyakan apa yang sedang aku foto sambil nunging di pinggir sawahnya. Ia tertawa setelah tahu apa yang aku foto. Memangnya di kota tidak ada belalang ya? katanya sambil tertawa. Dan sore itu ketika ia pulang dari sawah, sementara aku sudah pulang terlebih dahulu sebelumnya, ia membawakanku seekor belalang sembah besar untuk aku foto. Makasih bude…sayangnya hari sudah sore jadi akhirnya belalang itu aku lepaskan saja :-)

grasshopper mating_Oxya chinensis

Klasifikasi Ilmiah Belalang Hijau Oxya chinensis
Kingdom Animalia Linnaeus, 1758 – kerajaan binatang (animals)
Phylum Arthropoda Latreille, 1829 – filum  hewan beruas (arthropods)
Class Insecta Linnaeus, 1758 – kelas serangga (insects)
Order Orthoptera Latreille, 1793 – bangsa belalang dan jangkrik (grasshoppers, crickets, locusts)
Family Acrididae MacLeay, 1821 – keluarga belalang (grasshoppers, locusts)
Genus Oxya Serville, 1831 – marga
Species Oxya chinensis (Thunberg, 1815) – jenis
catatan:
Acrididae adalah keluarga belalang (grasshoppers, locusts) yang mempunyai antena relatif pendek dan tebal (short-horned grasshoppers), beda dengan Tettigoniidae yang merupakan keluarga belalang daun (bush crickets atau katydids) yang mempunyai antena yang relatif panjang yang biasanya melebihi panjang tubuhnya (long-horned grasshoppers).

Locusts adalah sebutan untuk grasshoppers yang mengalami perubahan warna dan prilaku diakibatkan oleh tingginya tingkat populasi yang ada.

Nama yang tertera di belakang nama taksonomi merupakan nama orang yang pertama kali memberi deskripsi atau gambaran mengenai takson tersebut (deskriptor).
Jika suatu spesies digolongkan dalam genus yang berbeda dari yang berlaku sekarang, nama deskriptor ditulis dalam tanda kurung.

referensi:

klasifikasi ilmiah lebih lengkap bisa dilihat di:
Oxya chinensis mating_belalang kawin
Oxya chinensis mating 
grasshopper mating
Oxya chinensis mating_grasshopper mating
Foto-foto belalang hijau Oxya chinensis yang sedang kawin adalah hasil jeprat jepret hape sony ericsson k800i di sawah bude di Grogol, Sawoo, Ponorogo, Jawa Timur.

No comments:

Post a Comment