Monday, September 19, 2011

Pare Lindung (Trichosanthes cucumerina var anguina), Buah Pare yang Seperti Belut

Trichosanthes anguina, now known as Trichosanthes cucumerina var anguina

Waktu sedang ke rumah famili di Depok, Jawa Barat, dalam rangka silaturahmi hari raya Lebaran 2011 lalu, aku melihat ada buah tanaman yang belum pernah aku lihat sebelumnya. Waktu aku tanya ke Mamang-ku (atau paman atau pakle), katanya itu adalah buah Pare Lindung, buah pare yang bentuknya seperti lindung atau belut yang panjang. Mamang-ku bilang, ada temannya yang memberi biji tanaman itu kepadanya. Ketika ia tanam dan akhirnya berbuah, istri mamang-ku itu malah tidak mau memasaknya karena belum pernah melihat buah pare yang panjang seperti itu sebelumnya. Akhirnya buah-buah pare lindung itu dibiarkan saja sampai menjadi tua dan berwarna merah di pohonnya ya…

Trichosanthes anguinaTrichosanthes cucumerina var anguina

Tanaman pare ini termasuk dalam keluarga atau family Cucurbitaceae atau keluarga atau suku labu-labuan ya. Suku labu-labuan ini meliputi mentimun, labu dan melon (termasuk semangka).

bunga pare lindung

Bunga tanaman pare lindung itu berwarna putih dan ukurannya cukup imut ya, tidak sebanding dengan bentuk buahnya yang cukup besar dan panjang.

bunga pare belut

Berdasarkan data yang aku temui di Wikipedia, nama ilmiah atau nama latin dari tanaman pare lindung atau pare belut atau dalam bahasa Inggris disebut sebagai snake gourd ini sebelumnya adalah Trichosanthes anguina, namun sekarang tanaman ini dikenal dengan nama latin atau nama ilmiah Trichosanthes cucumerina var anguina.

Klasifikasi ilmiah pare lindung atau pare belut (Trichosanthes cucumerina var anguina) yang ada di Wikipedia adalah seperti terlihat pada gambar berikut:
klasifikasi ilmiah pare lindung atau pare belut (Trichosanthes cucumerina var anguina)

Untuk klasifikasi ilmiah pare lindung atau pare belut lainnya bisa dilihat di:

Istri dan anakku sedang melihat-lihat buah pare lindungIstri dan anakku sedang melihat-lihat buah pare lindung.

Foto-foto buah dan bunga pare lindung adalah hasil jeprat jepret hape sony ericsson k800i di halaman belakang rumah Mamang-ku di Depok, Bogor, Jawa Barat.

No comments:

Post a Comment